Aktivitasku di Ramadhan 1433 Hijriah

Alhamdulillah Ramadhan 1433 H sdh masuk hari yang ke 10 neh.. Kalo diuraikan, alhamdulillah aktivitasku ramadhan ini cukup padat…

selain di mushalla komplekku diadakan buka puasa bersama setiap hari, lumayan banyak jamaahnya, kurang lebuh 50an bahkan lebih.. aku bersyukur sebagai ketua pengurus mushalla ini, bisa menghimpun darmawan yang bersedia memberikan sumbangan untuk berbuka puasa tahun ini.. selain itu sdh berhasil mengumpulkan sumbangan dana untuk kegiatan lainnya.. karena kami juga mengadakan kuliah subuh minggu dan jum’at, imam shalat isya tarawih dan witir dari luar.. yang lebih penting lagi ada diantara warga dan remaja yang bersedia jadi panitia yang merapi-rapikan peralatan selesai buka puasa bersama… dan untuk itu sdh tersedia dananya.

Malam pertama ramadhan, aku mengimami shalat isya tarawih dan witir di mushalla komplekku,

Subuh pertama, aku mengimami shalat subuh dan kuliah subuh di Mesjid Nurul Iman, muara tatah balayung pemurus dalam, lumayan jauh dari rumahku, kurang lebih 10 km, subuh-subuh nuju sana, wooh dinginnya.. tp, gpp.. sesampainya di tempat, aku lihat banyak sekali jamaahnya, yang kuperkirakan mungkin 500 an.. luar biasa, mungkin karena awal ramadhan kali ya…

malam kedua.. aku mengimami shalat isya, tarawih dan witir di Mushalla Gang 19 teluk dalam, juga luar biasa jamaahnya.. laki perampuan dewasa dan anak-anak membludak, mushalla kekecilan..  ini adalah mushalla yang aku sering diminta untuk tausiyah dan ngisi pengajian mereka.. ba’da tarawih aku juga diminta kultum…

malam ke tiga, aku mengimami shlat tarawih isya dan witir dimushalla attaqwa samping rumah orangtuaku di komplek sudirapi.. lumayan juga jamaahnya.. tidak terlalu banyak memang..lebih banyak perampuannya ketimbang laki-lakinya.. subuhnya aku mengimami sholat subuh di Mushalla Baiturrahman Pekapuran.. ne juga mushalla yang tahun kemarin juga minta aku ngisi kuliah subuh beberapa kali.. tahun kemarin mushalla ne baru di rombak/ direnovasi.. alhamdulillah tahun ini sudah mendingan, hampir selesai, tinggal sedikit-sedikit lagi…

malam ramadhan ke empat aku sholat tarawih di mushalla komplekku.. ya Allah.. ampun.. anak-anak banyak sekali ikut ke mushalla.. sebagian besar bukan ikut sholat tapi malah mereka asyik bermain, dan mengganggu yg lain yang lagi ibadah.. aku sampai beberapa kali menegur mereka..salah siapa ini.. mudah-mudahan jangan sampai ini membuat jamaah lainnya, besok pikir-pikir mau sholat bersama lagi, karena khawatir gak khusyu’..

malam ke lima ramahan ini, aku kena giliran imam shalat isya tarawih dan witir di mushalla syahru syam.. mushalla tokoh darmawan muhammadiyah.. disini aku sempat ragu juga.. karena kebiasaan ibadah ramadhan yang dikerjakan shalat tarawihnya 20 rakaat, tapi mereka minta 8 rakaat saja, sesungguhnya tidak mengapa adanya perbedaan tersebut, karena keduanya mempunyai dalil yang kuat, namun ketika aku diminta mengimami shalatnya 4 rakaat sekali salam, 4 rakaat sekali salam yang menyebabkan aku ragu.. karena berdasarkan pemahaman yang banyak dipahami para ulama, bahwa shalat malam itu 2 rakaat salam,  2 rakaat salam. kemudian aku cari leteratur tentang perbedaan ini, ternyata 4-4-3 itu juga ada dalil yang menunjukkan cara tersebut.. maka aku kerjakan yang seperti demikian.. padahal sebelumnya aku sempat diskusi dengan imam badal disitu tentang tata cara shalat tarawih.. disini agak beda dari tampat yang lain.. habis shalat isya, dengan gaya faham muhammadiyah tidak ada wirid bersama tapi wirid masing-masing dan berdoa masing-masing jg.. lalu aku diminta tausiyah kurang lebih 15 menit.. baru tarawih 4 rakaat baru salam, 2 kali, kemudian witir 3 rakaat.. selesai..aku berdoa mudahan ada perbaikan cara sholat mereka..

malam ke enam, aku diminta untuk mengimami di mushalla Asysyaadah komplek kelapa gading di gatot subroto, mushalla ini adalah mushalla yang sejak awal pembangunannya aku ikut membantu, termasuk aku jadi marbudnya selama bertahun-tahun ketika aku masih mahasiswa dahulu.. tapi dahulu sederhana saja, mushalla memang sudah dibangun beton, tapi rmh marbudnya masih dari kayu saja… tp sekarang alhamdulillah sdh dibangun sangat permanen baik mushalla, tempat wudhu dan rumah marbudnya..  tp ada yang beda kata jamaahnya.. dulu ketika angkatan kami-kami.. kegiatan mushalla rame dan petugas marbudnya sangat akrab dengan orang kampung.. tp sekarang kurang rame dan kurang akrab dengan jamaahnya.. yang lebih menarik lagi sejak dibangun pelaksanaan tarawih di mushalla ini 8 rakaat saja kemudian 3 rakaat witirnya.. pernah satu malam pertama ada yang melaksanakan 20 rakaat dan 3 rakaat, kemudian terjadi diskusi yang cukup panjang.. akhirnya disepakati hanya 8 tarawih dan 3 witir saja.. dan ini berjalan hampir sepuluh tahunan.. tahun ini terjadi lagi kayu puluhan tahun yang lalu.. tapi ternyata banyak jamaah yang minta yang 20 saja.. biar lebih banyak dan tentu lebih baik katanya… akhirnya aku jadi imam lagi di mushalla tahun ini, aku imami shalat isya dulu.. kemudian aku teruskan dengan imam tarawih 20 rakaat, sebelumnya aku dikasih kode oleh salah satu jamaahnya, agar dilakanakan 20 rakaat, selesai tarawih aku minta waktu untuk kultum, dan aku jelaskan semua dalil-dalil tentang pelaksanaan ritual shalat tarawih..jangan sampai terjadi perpecahan karena perbedaan itu..

malam ke tujuh, aku diminta untuk menggantikan sebagai imam temanku di mushalla komplek garuda teluk dalam.. standar saja ritual ibadahnya sesuai dengan faham nahdhatul ulama.

malam ke delapan, aku kosong sebagai petugas hari ini, isteriku mengajak untuk sholat di luar, kemudian kami ke mesjid raya sabilal muhtadin, ada yang menarik dari pelaksanaan shalat isya di mesjid ini malam ini, karena ternyata imamnya kelupaan rakaat, setelah rakaat yang ke empat, imam naik lagi berdiri.. jamaah sdh mengucapkan subhanallah untuk menegur imam tpi imam terus saja untuk masuk rakaat yang kelima, sebagian jamaah ada yang ikut imam, ada juga yang berhenti nunggu imam utk salam, tp ternyata selesai rakaat kelima ternyata imam naik lagi berdiri rakaat yang ke enam, jamaah menegur imam makin keras bacaan subhanallahnya, tp imam tetap tak bergeming, terus saja untuk rakaat yang keenam.. selesai rakaat yang ke enam, sebelum salam imam melakukan sujud syahwi 2 kali.. ada jamaah yang menggumam.. kenapa kita shalat isya malkam jadi 6 rakaat setengah? intinya jamaah harus diberikan penjelasan tentang bagaimana tata cara pelaksanaan sujud dan sebab-sebabnya.

malam yang ke sembilan aku kembali mengimami jamaah mushalla darul musawwir di gang 19 teluk dalam, malam ne rame banget dan jamaah semangat mendengarkan kultum yang kusampaikan, karena kuisi dengan joke-joke segar.. ternyata memberikan tausiyah tidak boleh kalo terus tegang, mudah-mudahan saja tidak bernilai bergurau di tempat ibadah..amin.

malam ke sepuluh aku kembali mengimami di mushalla dekat rumah orangtuaku di komplek sudirapi alalak  utara, sedih aku melihat perkembangan jamaahnya yang sangat berkurang, kalo gak salah hitung paling banter 25 – 30 orang saja lagi.. maka setelah tarawih aku minta untuk memberi kultum dan kuisi dengan ajakan mengajak jamaah lainnya, mumpung di ramadhan ini, malam ini aku yang bersemangat, jamaah pada nunduk ja, mudahan mereka paham, karena aku agak keras nyampaikan materi kultumnya.. mudah-mudahan diberi hidayah Allah..amin.

Malam ke sebelas ramadhan, aku bertugas di mushalla syahru syam lg.. ketika aku datang pas azan isya dikumandangkan, sambil jalan nuju mushalla aku dan imam badal berbincang-bincang, bahwa tata cara shalat tarawihnya dirubah lagi menjdi 2 rakaat 2 rakaat salam, nah.. itu berarti sesuaikan yang kusampaikan dengan mereka dulu, bahwaa shalat malam itu matsna matsna atau dua – dua…. kemudian shalat isya berjamaah.. selanut kuisi sedikit tausiyah sekitar 20 menit.. lalu tarawih 8 rakaat 4 kali salam selanjutnya witir 3 rakaat.

Pulangnya aku sengaja melewati mesjid hudaibiyah di jalan manggis km 3,5 banjarmasin, mau survei dulu karena rencana shalat subuh nanti bertugas disitu, tetapi ketika aku lewat.. proses ibadahnya belum selesai sehingga aku lewat saja.

subuhnya yang kesebelas ramadhan, selesai sahur aku langsung menuju mesjid hudaibiyah tersebut, sesampai disana aku perbaharui wudhuku, kemudian shalat tahiyatul mesjid 2 rakaat, kemudian shalat sunnah subuh juga dua rakaat, tak lama setelahnya muazin mengumandangkan iqamah pertanda shalat subuh akan dimulai.. aku diminta maju untuk jadi imam, terkejut juga karena aku tak tahu pas dibelakan sejadah imam, ada bapak zainal arifin, mantan kepala KUA banjarmasin utara, beliau juga adalah tokoh agama.. tp aku permisi untuk jadi imam dengan beliau..

selesai shalat subuh.. baca wirid bersama dan diakhir dengan doa bersama pula.. kemudian marbud mengambil mimbar kecil dan mempersilakan aku untuk memberikan tausiyah.. alhamdulillah aku bisa lancar berbicara dihadapan jamaah kali ini, meski materi yang kusiapkan kurang kukuasai, terus terang materi yang hdk kusampaikan beda dengan permintaan panitia, namun dipenghujung ceramah kusisipkan juga materi tersebut… tentang meratakan dan menyempurnakan shaf ketika shalat berjamaah.. selesai pulang…

sorenya (malam kedua belas ramadhan) aku buka puasa di sekolahku, bersama dengan murid-muridku yang tergabung di pramuka, mulai dari tausiyah jelang berbuka, magrib, isya, tarawih dan witir aku pimpin, karena kebetulan guru lelaki yang hadir hanya aku.. guru perempuan ada dua bu ridha dan bu lina.. selesai kegiatan aku pulang dan sebelumnya pulang dikasih bungkusan oleh muridku, katanya untuk anak-anakku.. thank ya bro..

subuh ramadhan kedua belas, aku bertugas memberi tausiyah di mesjid albusyra kuin selatan.. lumayan banyak juga jemaahnya.. selesai itu, aku ke rumah orang tuaku di komplek sudirapi alalak utara, sampai jam 8 aku disana baru pulang ke rumah.. sampai dirumah.. baru aku posting tulisan ini…

saat jelang berbuka puasa bersama di mushalla ku, aku dikontak oleh panitia mushalla assaadah komp kelapa gading, dimana malam ini aku seharusnya bertugas disana untuk jadi imam dan tausiyah, tetapi disampaikan bahwa malam ini sudah ada yang ngisi.. terus terang kecewa juga, karena mendadak sekali membatalkannya padahal jadwal kegiatan sudah tersusun.. tetapi gak papa karena kebetulan suaraku juga benar-benar serak sekali, bahkan hampir tak kedengaran kalau aku ngomong.. alhamdulillah ini kali hikmahnya..

Siang hari ke 13 berpuasa di ramadhan tahun ini, paginya aku ke kantor kemenag kota banjarmasin, menyerahkan berkas nilai UAMBN 2012 ke bagian mapenda, disana ketemu dgn kawan-kawan yang menerima SK mutasi, ada ust supian dan ust haji rusdi halim, keduanya kelihatan enjoy saja, meski mereka dimutasi dari tempat kami bertugas… selesai urusan di kemenag aku langsung ke sekolahku, ketemu dengan kawan-kawan tata usaha dan sebagian guru, siswa emang diliburkan, jadi guru juga hanya satu dua orang saja yang ke sekolah, juga ketemu kepala sekolah, sempat bincang-bincang soal sekolah..

menjelang zuhur aku ke mesjid agung muftahul ihsan, karena hari ini aku ada jadwal kuliah ba’da zuhur di mesjid ini.. lumayan banyak juga jamaah shalat zuhur kali ini, di depanku bahkan ada imam tetap mesjid ini, tapi alhamdulillah aku masih bisa lancar bertausiyah..

malam ke 14 aku, istri dan anak ke2 ku shalat isya tarawih dan witir di mesjid attanwir (mesjid muhammadiyah).. selesainya kami belanja keperluan harian, kebetulan hari ini adalah tanggal gajian ku, yang oleh anak pasti diingatnya, hari ini adalah hari ke warung panjang (istilah tempat kami belanja keperluan satu bulan)…

malam ini juga aku kumpul dengan seluruh adik, mama dan abahku semua kecuali kakakku yg tidak bisa hadir, untuk makan sahur bersama.. duh bahagianya bisa berbagi dengan mereka.. mudahan allah kasih lebih kepadaku untuk terus bisa berbagi dengan mereka.. amin

malam ke 15 aku tidak ada jadwal, aku putuskan untuk shalat diluar, dimesjid terdekat dengan kami, dan memilih pulang duluan, karena harus bawa  anakku ke dokter gigi, karena sudah 2 hari dia sakit sampai tidak bisa berpuasa..

subuh ke 15, dijadwal ku tertulis aku kuliah subuh di mushala baiturrahim pekapuran, namun hatiku pun sejak di rumah, aku mungkin salah jadwal, ternyata betul sesampai disana ternyata sudah ada petugas lain, kutanya dengan salah satu jamaahnya ternyata aku memang salah jadwal.. kemudian aku balik dan singgah dimesjid yang terdekat dengan mushalla itu, karena memang waktu subuh sudah sampai…

ternyata.. petugas imam dan tausiyah tidak datang.. aku diminta untuk mengimami dimesjid ini dan selesai wiridnya juga diminta untuk tausiyah subuh… ternyata Allah memang sudah menyusun jadwal hidup manusia, dan kalau manusia ikhlas menerima jadwalnya itu, maka allah akan wujudkan dengan yang baik-baik… alhamdulillah..betapa tidak, dijadwalku tertulis aku tausiyah di mushalla.. tetapi allah gantikan dengan jadwalnya aku tausiyah dimesjid. yang jamaahnya tentu lebih banyak…

Malam ke 16 Ramadhan..

aku bertugas menjadi imam shalat isya tarawih dan witir di mushalla gang 19 teluk dalam, juga menyampaikan kultum antara tarawih dan witir.. ada yang manarik di mushalla ini, dari sejak ramadhan awal sampai hari ke 16 jamaah tidak berkurang… mushallanya tetap penuh, dibagian dalamnya orang-orang dewasa, dibagian luarnya anak-anak ditemani beberapa orang tua yang mengawasi mereka agar tidak bermainan di mushala, sedang mereka jamaah perampuan di lantai 2..

siangnya kami dengan jamaah mushalla dikomplekku melakukan aksi bersih-bersih lingkungan  mushalla..

sorenya kira-kira jam setengah limaanlah.. aku dihubungi oleh ustazd amat marbud mesjid albusyra, diminta untuk membacakan manaqib saidatuna khadijatul qobra.. jam 5 seperempat aku berangkat dari rumahku, pas jam setengan 6 aku sampai di tempat acara, tetapi acara masih berlangsung, pembacaan syair maulid alhabsy, oleh anak-anak yang suaranya bagus-bagus..
karena keasyikan dengan syair-syair sehingga waktu berbuka hanya tinggal 20 menit lagi.. kemudian untuk memanfaat waktu itu aku sampaikan ringkasan manaqib siti khadijah ra.. pas doa waktu berbuka tiba..

malam ke 17 ramadhan

aku menjadi imam shalat isya tarawih dan witir di mushalla attaqwa komp sudi rapi belakang rumah orang tuaku, antara tarawih dan witir juga aku diminta sedikit menyampaikan tentang nuzulul qur’an..

subuh setelah bangun dari tidur aku mandi, shalat tahajud 4rakaat, kemudian sahur, kemudian ke mushalla untuk shalat subuh berjamaah, selesai baru aku posting tulisan ini…

18 ramadhan 1433 h

subuh, habis bangun tidur aku mandi dan shalat tahajud 4 rakaat, kemudian sahur bersama anak dan isteriku. kemudian aku ke mesjid albusyra kuin utara kebetulan jadwalku kuliah subuh pagi ini. sorenya seperti biasa buka puasa bersama di mushallaku.. lumayan alhamdulillah tahun ini semangat kawan-kawan untuk buka puasa semakin baik saja.

shalat tarawih aku di mushalla komplek sendiri saja.

19 ramadhan 1433 h

shalat subuh biasa di mushalla bersama jamaah komplek, termasuk anak dan isteriku juga tentu. sorenya buka puasa bersama lagi di mushalla kami tersebut.

setelah istirahat sebentar di rumah, aku bersiap-siap untuk menuju menuju mushalla syahru syam di jalan haryono mt, untuk mengimami shalat isya tarawih dan witir kemudian sedikit memberi tausiyah agama disana.

hari ke 20 ramadhan 1433 h

subuhnya, setelah bangun tidur aku mandi dan shalat tahajud 4 rakaat kemudian makan sahur, kemudian kuambil kunci motorku untuk menuju mushalla baiturrahim pekapuran, kebetulan jadwal terakhirku dimushalla ini, minggu kemarin aku salah jadwal, seharusnya jum’at aku datang subuh sabtu..

malamnya dijadwalku tertulis, di mushalla assadah kelapa gading, tp kayak ada masalah dengan jadwal disana, aku coba kontak panitianya, ya ternyata benar juga, kemudian aku batalkan.. jadi aku sholat isya tarawih dan witir di mushalla komplek kami saja

buka puasa bersama di rumah h dahri ketua cabang NU banjarmasin, pas aku ketemuan banyak ulama disini

kebetulan aku perlu penceramah untuk subuh jum’at di mushalla kami, aku minta taufik dan direkomendasikannya kepada adiknya. m. maulana.

subuhnya shalat subuh bersama dan kuliah subuh dengan m.maulana adiknya taufik nu

hari ke 21 ramadhan 1433 h

subuh sholat di mushalla ku sendiri, aku yang jadi imamnya subuhnya..

buka puasa di rumah ust supian, kawan guru di sekolahku juga, ternyata disana tekumpul banyak kawan ulama, juga pak rosehan mantan wagub bahari.

kami shalat tarawih dimesjid raya sabilal muhtadin, kemudian aku bantu-bantu isteri dan anak-anaku untuk cari baju lebaran

hari ke 22 ramadhan 1433 h

hari ini tidak ada jadwalku, pas kosong.

tapi aku manfaatkan untuk datang ke sekolah dan meminta semua siswa kelas 9 yang sudah lulus untuk ke skolah utk melakukan capa 3 jari.. alhamdulillah selesai.. meski ada juga yang ga bisa datang.

hari 23 ramadhan 1433 h

subuh biasa di mushalla kompleh sendiri aja, buka puasa juga

isya tarawih dan witir aku ada jadwl di mushalla darul musawwir gg 19 teluk dalam, siang tadi sebenarnya juga di minta ustaz muhlidi untuk mengisi di komp garuda teluk dalam, tp ga bisa karena dan ada jadwal dilain.. kebetulan malam ne adalah jadwal terakhirku disana dan aku memohon ampun maaf dengan jamaah di sana kalau ada materi tausiyah yang kurang berkenan

hari ke 24 ramadhan

tadi malam harusnya aku di mushalla orang tua di alalak, tapi karena aku agak batuk berdahak lagi, jadi suaraku srekk banget.. aku minta batalkan dengan adikku disana

subuh dimushallaku sendiri.. aku mengimami shalat subuh kali ini..

selesai shalat aku balik ke rumah.. baru posting lagi deari ku ini.. yang sdh ketumpuk hampir seminggu aku ga update .. hehe.. gpp drpd ga sama sekali kan ya……..

sorenya buka puasa di mushalla kami, pas hari ini bertepatan dengan ulang tahun anak pak safrudin (yang ke lima) pengurus mushalla.. lumayan alhamdulillah buka bersama di mushalla kami tahun ini selalu banyak yang ikut.. 40 sampai 50 orang..

malam ke 25 aku bertugas di mushalla syahru syam, malam ne kebetulan terakhir jadwal di bulan ramadhan ini di mushalla ini, mudahan ketemu lagi di ramadhan tahun depan kataku dalam tausiyah singkat malam td di hadapan jamaah..

pulang sampai ke rumah aku coba browsing macam-macam.. hitung-hitung mencari ilmu pengetahuan di dunia maya.. sampai jam 11 malam lebih.. lalu tidur

hari ke 25 ramadhan 1433 h

subuhnya.. aku bangun jelang sahur kubuka jendela rumahku, aku terkesima dengan alam malam ini, sepertinya aku melihat tanda- tanda lain dengan malam biasa, aku pandangi langit sepertinya sangat indah.. tidak ada suara apapun hening dan benar hening.. dalam hatiku, mungkinkah ini malam lailatul qadar.. terus aku berwudhu dan aku lakukan shalat tahajud 4 rakaat.. aku panjatkan do’a kepada Allah untuk semua.. sampai menetes air mataku .. mudah-mudahan dikabulkan Allah..amin

selesai sahur, aku ambil kunci kontak motorku.. aku berangkat menuju mesjid albusyra di kuin utara kira-kira 8 km dari rumah, karena ini giliran terakhir aku memberikan kuliah subuh di sana..

sesampainya di mesjid albusyra, bilal sdh selesai tahrim subuhnya, aku sempat shalat sunnah 2 rakaat, kemudian bilal iqamat.. shalat subuh..

selesai shalat aku memberikan tausiyah subuh.. cukup panjang hari sampai jam 6.30 an, biasanya jam 6.15 sdh habis..

karena ini juga hari terakhir ku di sana juga kuucapkan permohonan ampun dan maaf jika ada salah san khilap dalam menyampaikan kuliah subuh di mesjid mereka..

pulang, kulangsung ke rumah orang tua di alalak utara, mampir sebentar, buang air kecil sebentar, ngomong-ngomong dengan mama, kebetulan abah masih di mushalla, terus pulang, ku kasih sedikit uang ke mama, alhamdulillah nanti dibelikan lauk pauk untuk buka puasa, kata mamaku. ketika mau pulang mama bilang, adikku yang paling kecil tanggal 17  ntar, ne sdh tanggal 15, ulang tahun yang ke 15 katanya, mau minta dibelikan baju atau apa aja.. karena khawatir salah membelikannya, aku kasih saja uang cash ke mama untuk adikku itu.. oke happy birthday my brother.. semoga panjang umur dan sehat selalu.

sampai dirumah.. baru aku posting lagi tulisan ini..

hari ke 25 ramadhan 1433 h

selepas ashar aku bersiap-siap untuk buka puasa bersama di gedung DPD KNPI kalsel, ada acara buka puasa bersama alumni sma3 bjm, aku diminta memberi tausiyah disana.. lumayan banyak ketemu orang-orang penting disana. ada ketua knpi prov kalsel yazidi fauzi, ada bendahara ppp kalsel dll.

ba’da buka puasa, shalat magrib, makan-makan… aku langsung menuju ke rumah pak muhlidi sulaiman, kawan yang sering beri job tausiyah dimana-mana, aku disuruh kerumahnya untuk ngambil bingkisan sarung katanya. sesampai dirumahnya aku diserahi sarung, sorban dan minyak wangi.

kemudian langsung menuju lapas teluk dalam, untuk mengimami shalat isya , tarawih, tausiyah dan witir bersama napi di sana, subhanallah, kulihat betapa saudara-saudaraku tersebut kaya muka-muka berdosa.. over kapasitas lapas ini, betapa seharusnya hanya mampu nampung 800 orang sekarang terisi 2051 orang kata sipirnya..astagfirullah dalam hatiku.

azan berkumandang, aku lihat para napi dan sipir masing-masing pada ngambil air wudhu, aku langsung masuk mesjid dan sholat di depan dekat peimaman. iqamah, terus shalat isya dan tarawih kami berjamaah.. sebelum witir aku berdiri memberikan tausiyah kira2 20 menitan.. luar biasa, saudara2ku ini butuh siraman rohani yang banyak, mereka benar-benar antusias dengan apa yang kusampaikan.. bahkan tidak sedikit diantaranya yang nangis, karena materi tausiyah yang kusampaikan adalah tentang obat orang yang berdosa hanyalah istigfar…

hari yang ke 26 ramadhan 1433 h

subuhnya aku sholat di mushalla ku, paginya jam 7 aku sudah berangkat dari rumahku menuju rumah temanku di handil bakti, untuk ngambil ijazah siswaku yang kan dibagi hari ini. jam 08.15 sudah sampai di sekolah, jam 10 an aku sudah mulai membagi ijazah siswa yang lulus tahun 2012. sampai jam 12 lebih, kami sepakati dengan kepala sekolah untuk pulang sama-sama.

sorenya aku diminta oleh teman lama waktu kuliah s1 dulu, pak tamrani azmi, untuk memberikan tausiyah jelang buka puasa bersama, di gedung telkom flexi di nagasari.

habis magrib langsung meluncur ke gatot, rencananya memberi tausiyah ba’da tarawih di mushalla assa’adah komplek kelapa gading, disana aku ketemu pak saukani, teman satu kos waktu jadi marbud mushalla tersebut. jam 22.00 lebih kami pulang ke rumah masing-masing.

hari ke 27

sengaja aku hari ini, meliburkan diri, gak ke skolah. paginya aku habis sholat subuh coba mencat dinding pintu rumah sedikit.. yang akhirnya tetap saja kuupahkan dengan tetanggaku yang memang ahlinya ngecat-ngecat bangunan, aku hanya sekedar memulaikan saja.

pas jam 8 an, mamanya temanku kulian dulu datang silaturrahmi ke rumahku, tumbin lama gak datang ke rumah kami, biasanya 1 atau 2 minggu ada datang, ne berbulan-bulan baru nungul, ternyata beliau sakit, katanya habis ditabrak lari sepeda motor anak-anak yang ngebut-ngebutan.

jam 09 lebih sedikit aku pergi ke bengkel servis yamaha, untuk menservice motorku yang sudah hampir 2 bulan gak keservice, sampai jam 13.an lebih baru selesai.

pulang ke rumah, cape dan panas banget rasanya hari ne, masuk ke rumah, aku langsung ambil bantal, dan tidur di ruangan terbuka rumahku, gak tau lagi…aku tertidur sampai jam 15.15 baru bangun, baru aku sholat ashar.

hari ne buka puasa bersama ada dua tempat, satu dekat rumahku sendiri, dan ahlinya sdh datang dan langsung nyerahin amplof minta dipimpinkan acara selamatan haulan ayahnya.. mau tidak mau harus diiyakan.. satu lagi di rumah bendara rukun kematian di komplek ku, agak jauh memang tetapi tidak ada yang mimpinkan acaranya… aku putuskan aja.. biar aku yang agak jauh dari rumahku, kemudian aku minta kawanku dikomplek juga untuk menggantikanku di rumah yang dekat rumahku, kemudian aku kembali amplof yang diserahkannya.

malamnya, aku meimami shalat isya tarawih dan witir di mushalla dekat rumah ortuku.. waduh terasa sekali nyamannya shalatku malam ne.. pas juga jelang akhir ramadhan kali ya..

hari ke 28 ramadhan 1433 h

subuhnya aku mengimami shalat subuh di mushallaku seperti biasa, tp ada yang tidak biasa, karena aku mengisi kuliah subuh hari ini, biasanya diambil dari penceramah dari luar..

seharian aku hari ne di rumah ja, kecuali shalat jum’at di mesjid sebrang komplek rumah ku.

sorenya buka puasa di mushalla, yang dirangkai terlebih dahulu dengan khataman alqur’an bersama warga yang berbuka puasa bersama di mushalla.

malamnya aku menjadi imam malam terakhir ramadhan di mushallaku sendiri. alhamdulillah, terimakasih ya allah akhirnya sampai jua di akhir ramadhan..

hari ke 29 ramadhan 1433 h

subuhnya kembali aku meimami shalat subh di mushalla komplekku, selesai shalat subuh, kami adakan muhasabah akhir ramadhan… terharu banyak yang nangis, mudahan bisa menggetarkan untuk bersyukur dengan nikmat allah.

pagi ne rencanaku ku sekolah, untuk membantu kawan-kawan menjadi petugas amil.. juga bagikan ijazah siswa kelas yang lulus, yang belum ngambil ijasahnya beberapa hari kemarin.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: